Sejarah GKIm Jemaat Ka Im Tong Cabang Majesty

GKIm Ka Im Tong Cabang Majesty Bandung diawali dengan pembukaan Pos PI yang dirintis oleh Komisi Misi GKIm Ka Im Tong di Kompleks Perumahan Setra Duta. Kebaktian pertama dari pos Pekabaran Injil ini dimulai pada tanggal 2 April 2000 dengan meminjam tempat di gedung Yayasan Bahtera Pelangi Kasih, Jl. Setra Duta Raya No. 23A. Sejak saat itu kebaktian pos PI ini diadakan secara rutin di tempat tersebut sehingga sering disebut Pos PI Setra Duta. Kebaktian dewasa diadakan pada pukul  09.30 dan Kebaktian Anak (Sekolah Minggu) pada pukul 07.30. Jumlah kehadiran dalam kebaktian pada masa-masa awal + 20 orang dewasa dan + 20 orang anak-anak.

Pada bulan Januari 2002 status dari Pos PI Setra Duta diubah menjadi Cabang Setra Duta. Sejak saat itu Kebaktian Umum dan Kebaktian Sekolah Minggu diadakan bersamaan waktunya yaitu pada pukul 08.00. Hal itu dilakukan untuk mempermudah orangtua sehingga mereka bisa datang dan pulang bersama-sama dengan anak-anaknya. Saat itu kehadiran rata-rata dalam kebaktian sedikit meningkat menjadi 30 orang dewasa dan 30 anak-anak.

Oleh karena masyarakat yang tinggal di luar Kompleks Perumahan Setra Duta – tetapi berada tepat di belakang gedung yang dipakai untuk ibadah – mengajukan keberatan dengan adanya ibadah di tempat tersebut, maka mulai tanggal 2 Juni 2002 ibadah Cabang Setra Duta pindah, dengan menyewa tempat di gedung Pusdiklat Pos Indonesia, Jl. Sari Asih No. 54 Sarijadi. Waktu kebaktian tetap sama yaitu pukul 08.00 untuk Kebaktian Dewasa dan juga Kebaktian Anak. Namanya juga tetap yaitu Cabang Setra Duta.

Sejak Apartemen Majesty selesai dibangun dan mulai bisa digunakan, maka pada tanggal 1 Agustus 2004 kebaktian Cabang Setra Duta pindah ke Victory Hall, Apartemen Majesty, Jl. Surya Sumantri No. 91. Kepindahan ini dimaksudkan agar tempat ibadah lebih dekat dengan kampus Universitas Kristen Maranatha sehingga bisa menjangkau mahasiswa/i dari universitas tersebut. Dan sejak pindah ke Apartemen Majesty, maka namanya juga berubah sesuai dengan tempatnya, yaitu GKIm Ka Im Tong Cabang Majesty. Waktu kebaktian masih tetap sama, pukul 08.00 untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Setelah hampir dua tahun ibadah di Apartemen Majesty barulah bisa menjangkau beberapa mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha, dan dari beberapa mahasiswa/i inilah dirintis kebaktian ke-2 yang lebih diarahkan untuk menjangkau mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha. Kebaktian yang ke-2 mulai diadakan pada tanggal 13 Agustus 2006 pukul 10.00. Demikianlah sekilas perjalanan sejarah dari GKIm Ka Im Tong Cabang Majesty. Segala kemuliaan hanyalah bagi Tuhan.

About the author: SinodeGKIm